Thursday 20 December 2012

Kontes SEO dan Plagiat

Yang paling seru dalam mengikuti Kontes SEO adalah kita jadi bisa mengetahui sampai dimana kemampuan kita dalam menulis blog yang menarik dan yang kedua adalah sampai dimana kemampuan kita untuk menempatkan blog ataupun artikel di blog kita pada posisi yang terbaik hasil searching google sesuai dengan keyword yang dituju.

Dalam sebuah kontes seo biasanya dibuat beberapa peraturan yang membuat sulit para pesertanya, ya intinya kalau kontes itu berbobot dan berhadiah besar pastinya dibuat beberapa peraturan yang menantang para peserta. Biasanya peraturannya adalah menuliskan artikel tentang keyword yang dituju dengan jumlah minimal kata bisa mencapai ratusan. Disini dibutuhkan kreatifitas dalam menulis. Sehingga diharapkan para pesertanya bisa kreatif membuat artikel-artikel unik sesuai dengan kemampuanya masing-masing. Terkadang ada beberapa penyelenggara kontes seo memperbolehkan pesertanya untuk copy paste tulisan, tapi dari website sumber milik si penyelenggara. Lalu kalau kurang kreatif dalam menulis bagaimana? Ya berusahalah kreatif.

Plagiat


Nah karena biasanya sumber informasi untuk menuliskan sebuah artikel untuk kontes seo ini tidak begitu banyak, sedangkan peserta kontes seo ini banyak sekali, maka terkadang terjadi plagiat karya seseorang. Biasanya yang jadi plagiator adalah peserta yang memulai belakangan, sehingga dia bisa melihat berbagai sumber tulisan dari peserta kontes seo terdahulu untuk di copy-paste di artikel plagiat.

Plagiat sendiri sebenarnya menjadi suatu yang tidak disukai mesin pencari google. Ketika dalam sebuah artikel ada kata, kalimat dan paragraf yang sama dengan artikel diwebsite lain, maka bisa menyebabkan posisi di mesin pencari menjadi turun. Singkat kata, tulisan di artikel yang mengandung plagiat dianggap tidak unik. Nah ini sebenarnya juga yang harusnya diperhatikan para peserta kontes seo agar tidak plagiat dalam menuliskan artikelnya. Plagiat yang diperbolehkan adalah menerapkan teknik seonya, bukan dalam penulisan artikel.

Contoh yang menarik adalah terjadi pada artikel yang dilombakan pada kontes seo cipto junaedy. Salah satu pesertanya adalah weblog rioap, yang menggunakan judul artikel Cipto Junaedy, Property dan Buku. Artikel di dalamnya adalah asli dibuat oleh author blog tersebut. Walau akhirnya ada beberapa penggal kalimat yang akhirnya diplagiat. ini sedikit menarik karena kalimat yang copy-paste adalah kalimat yang mengandung kata yang salah tulis alias typo, tapi dasar plagiator tetap saja dia menuliskan kalimat yang salah di dalam websitenya. Kalimat yang dimaksud adalah :

Selain melalui seminar tatap muka yang rutin diadakan, bapak Cipto Junaedy ini juga menulis beberapa buku tentang property. Salah satu bukunya yang menjadi nasional best seller berjudul “S6 Bulan Bisa Beli Properti Kontan Tanpa Uang Tanpa KPR”, buku tersebut bisa anda dapatkan ditoko-toko buku.
-RioAp.com-

Kalimat diatas ditulis asli oleh rioap di dalam artikel untuk kontes seo cipto junaedy, terdapat pada paragraf pertama artikel tersebut. Nah coba anda copy paste kalimat diatas dan temukan si peserta kontes seo yang plagiat. Ketemu? Disini tidak usah disebut, tapi biar google yang membuktikan. Menarik ya? Mungkin memang dua kalimat (panjang) diatas yang di copy-paste dari weblog rioap, tapi tidak menutup kemungkinan kalimat lainnya bisa jadi plagiat dari artikel peserta kontes seo lain.Terkadang untuk menjadi seorang plagiator pun kita harus kreatif, ya harus kreatif menemukan bagaimana caranya agar penulis asli tidak menemukan kalimat yang sama persis pada artikel plagiat. Shame on you.

Source:
image